Buaian cinta

Sesekali kita mungkin perlu membenarkan kegombalan-kegombalan yang diucapakann oleh mereka yang dimabuk cinta, kenapa? Kenyataannya adalah memang cinta bisa merubah segalanya. Orang yang fasik karena cinta bisa beriman atau sebaliknya, orang yang beriman bisa menjadi kafir lantaran pengaruh cintanya.

Karena cinta, gula jawa menjadi coklat

Karena cinta, budak jadi raja

Karena cinta, batu kali menjadi batu permata.

Kekuatan cinta, merubah segalanya. Kalaulah bukan karena cinta, tidaklah seorang hamba mampu sholat, zakat, puasa dan haji. Lihatlah orang-orang yang tidak memiliki cinta. Tangannya mampu mengangkat beban berat, akan tetapi begitu berat mengangkatkan kedua tangannya untuk takbir. Lihatlah orang yang mampu begadang malam, akan tetapi ia tidak mampu bangun untuk sholat malan, dan lihatlah orang yang mampu berjalan kaki bermil-mil jauhnya, akan tetapi tidak mampu melangkahkan kedua kakinya menuju masjid.

Cinta, berapapun kadarnya ia begitu berarti, kerasnya hati kalaulah bukan karena cinta, ia takkan melunak, hatinya tunduk, bersimpuh raganya serta tetesan air mata penyesalan karena dosan menjadi penghias hari-harinya dalam beribadah. Orang yang dalam hatinya tidak memiliki rasa cinta, ia akan kelu bibirnya menyebut nama indah_Nya apa lagi bersimpuh menyesali dosa-dosanya. Ia tertutupi harapannya demi meraih ridlo ilahi.

Kenapa harus cinta? Ketahuilah saudara/iku, perjalanan seorang hamba penuh onak dan duri. Harus ada sesuatu yang menjadi pemicu atau bahkan perangsang agar seseorang memiliki semangat atau gairah dalam beribadah. Cinta layaknya minuman berenergi yang mampu membangkitkan tenaga seseorang, sebagaimana cinta berfungsi sebagai pembangkit semangat beribadah.

Ketahuilah, cinta itu bertingkat-tingkat, adapaun tingkatan tersebut di antaranya;العلقه(ikatan), الصبابه(Mencurahkan cintanya). غلم(melekat). الاشق(cinta yang berlebihan). Dan sebagainya. Cinta dengan segala tingkatannya, mepunyai berbagai macam pengaruh yang berbeda-beda pula. Adapun, cinta yang paling dahsyat mempengaruhi kehidupan seseorang adalah  الاشق. Pengaruhnya luar biasa. Mereka yang sudah dilanda  الاشق akan berubah drastic, baik itu menjadi orang yang taqwa atau justru sebaliknya, menjadi korban cinta yang salah arah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s